Jumat, 27 September 2013

MEMIKIRKAN TANDA KEKUASAAN ALLAH TENTANG BUMI

BUMI ADALAH TEMPAT YANG SANGAT COCOK UNTUK MANUSIA

     

 
HAL-HAL YANG DAPAT MENUNJANG KEHIDUPAN DI BUMI
WAHAI HAMBA-HAMBA ALLAH BERFIKIRLAH...!!
(Tafakkaru Ya Ulil Al-Bab..)

Luasnya JAGAT RAYA (di langit dunia/langit pertama) di alam semesta yang membentang luas dan tak terukur ini juga telah diketahui manusia berisi rangkaian tata surya

seperti Matahari (الشمس), Bulan (القمر), Bintang yang berkedip (النجوم), Bintang yang tidak berkedip / planet (الكواكب), Galaksi (المجرة), Bintang pelempar setan/ meteorالشهب)), dan Bintang Tanda2 penunjuk Arah (علامات), lain-lain.




Allah Ta'ala berfirman, (tentang luasnya langit), yang artinya:

وَالسَّمَاءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ (47)
“Dan LANGIT itu Kami bangun dengan Tangan Kami dan sesungguhnya Kami benar-benar Meluaskan-nya (langit tersebut).” (QS. Adz Dzaariyaat, 51: 47)

Adapun di sekian banyak planet, Bumilah satu-satunya tempat Yang Cocok bagi Manusia sejak dahulu.

==============

Hal diatas Memang Sesuai dengan Firman Allah Subhanahu Wata'ala:

وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ (24) –سورة الأعراف: 24

Artinya: “Dan Bumi adalah tempat kediaman dan tempat kesenangan untuk kalian sampai waktu yang telah ditentukan. (QS. Al-A’raf: 24)

HAL-HAL YANG DAPAT MENUNJANG KEHIDUPAN DI BUMI

1. Di Bumi Terdapat Sumber Rezeki Yang Melimpah yaitu "AIR", baik bersumber dari Air Hujan Maupun Air Laut

   

Dalil adanya Air hujan, Allah Ta'ala berfirman:

وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الْأَرْضِ وَإِنَّا عَلَى ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ (18) –سورة المؤمنون:18

"Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya. (QS. Al-Mu’minuun: 18)

Dalil tentang Adanya Air Laut:

وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (14) –سورة: النحل: 14

Artinya: "Dan Dialah (Allah) yang menundukkan lautan untukmu, agar kamu dapat memakan daging –ikan- yang segar darinya, dan -dari lautan itu- kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai,

dan kamu juga bisa melakukan pelayaran di lautan, dan agar kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya (sebagian Rizki), dan Agar kamu bersyukur." (QS. An-Nahl: 14)

2. Bumi mempunyai Daratan dan Lautan yang cocok untuk Tempat Tinggal Seluruh Makhluk (Baik Makhluk Yang tinggal darat dan Makhluk di Laut)



Allah Ta'ala berfirman:

وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ (24) قَالَ فِيهَا تَحْيَوْنَ وَفِيهَا تَمُوتُونَ وَمِنْهَا تُخْرَجُونَ (25) –سورة الأعراف: 24-25

Artinya: “Dan Bumi adalah tempat kediaman dan tempat kesenangan untuk kalian sampai waktu yang telah ditentukan. Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan.” (QS. Al-A’raf: 24)

3. Bumi memiliki pengaturan suhu Panas Dan Dingin



Jika di bumi hanya ada Suhu / hawa panas, maka Makhluk hidup akan mengering seperti kayu bakar, Begitu sebaliknya, Jika di bumi hanya terdapar Suhu dingin saja maka Manusia akan membeku seperti Es.

Maka dari itu dengan adanya Suhu (hawa) Panas dan Dingin yang saling bergantian, Maka Seluruh Makhluk di Bumi dapat hidup.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

اشْتَكَتِ النَّارُ إِلَى رَبِّهَا فَقَالَتْ يَا رَبِّ أَكَلَ بَعْضِي بَعْضًا فَأَذِنَ لَهَا بِنَفَسَيْنِ نَفَسٍ فِي الشِّتَاءِ وَنَفَسٍ فِي الصَّيْفِ فَهُوَ أَشَدُّ مَا تَجِدُونَ مِنَ الْحَرِّ وَأَشَدُّ مَا تَجِدُونَ مِنَ الزَّمْهَرِير (متفق عليه)ِ

Artinya:
"Neraka pernah mengadu kepada Tuhannya; 'Wahai Robb.., sebagian api –di dalam diriku- saling memakan (membakar) sebagian yang lain (hal ini karena neraka masih kosong saat ini)…!'

Maka dari itu Allah mengizinkan untuk menghembuskan dua kali hembusan nafas (agar bisa mengeluarkan dua hembusan/hawa dari dalam neraka),

satu kali hembusan nafas hawa dingin di musim dingin dan satu hembusan nafas lagi hawa dingin di musim panas. Maka dingin yang menggigil yang kalian dapatkan adalah hawa dingin neraka,

dan panas menyengat yang kalian rasakan adalah bagian dari hawa panas neraka." (Shahih, HR Bukhori: 512, Muslim: 617, Ibnu Majah: 4319, Ahmad: 7247).

Dari Hadits diatas menunjukkan telah diciptakannya Neraka saat ini, begitu pula Surga.

4. Bumi mempunyai ATAP sebagai pelindung




Maka untuk itu diperlukan atap (lapisan atmosfer) yang mampu melindungi makhluk hidup dari serbuan meteorit (batu-batu yang dipakai untuk melempar syetan), dan juga Awan yang sering menyelimuti Bumi.

Maha benarlah Allah SWT ketika berfirman:

وَجَعَلْنَا السَّمَاءَ سَقْفًا مَحْفُوظًا وَهُمْ عَنْ آيَاتِهَا مُعْرِضُونَ (32) –سورة الأنبياء: 32

Dan Kami menjadikan langit itu sebagai ATAP yang terpelihara, sedang mereka (orang-orang kafir) berpaling dari segala Tanda-Tanda yang nampak terlihat padanya. (QS. Al-Anbiya’: 32)

5. Bumi memiliki udara, Sehingga Makhluk Hidup Bisa Merasakan "Nikmatnya" Bernafas pada Setiap Detik dan Setiap waktu.



Ciri khas dari makhluk hidup adalah bernapas. Manusia dan hewan memerlukan oksigen untuk bernafas, dan tumbuhan memerlukan karbondioksida. Di Bumi, keduanya tersedia dalam jumlah yang seimbang.
Dalil yang menunjukkan bahwa makhluk hidup senantiasa bernafas:

ما ملأ آدمي وعاء شرا من بطن بحسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن كان لا محالة فثلث لطعامه وثلث لشرابه وثلث لنفسه

Rasulullah SAW bersabda: “Cukuplah bagi manusia untuk mengkonsumsi beberapa suap makanan saja untuk menegakkan tulang sulbinya (rusuknya), Jika tidak bisa demikian,

maka hendaknya ia memenuhi sepertiga lambungnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk BERNAFAS” (Shahih, HR Tirmidzi (2380), di Shahihkan oleh Al-Albani).

6. Bumi memiliki Gunung (Sebagai Pasak Bumi) agar Bumi tidak tergoncang, sehingga Makhluk hidup dapat beraktivitas dengan tenang.

Allah Ta'ala berfirman:

وَأَلْقَى فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ (15) –سورة النحل: 15

Artinya:
"Dan Allah menancapkan Gunung-Gunung di Bumi, agar Bumi tidak goncang bersama kamu, dan Allah menciptakan Sungai-Sungai dan Jalan-Jalan agar kamu dapat petunjuk." (QS. An-Nahl: 15)

7. Bumi memiliki Ladang Yang Cocok Untuk "Tanaman" Sebagai Sumber Rizki juga untuk seluruh makhluk hidup



Allah Ta'ala berfirman:

وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (22)

"Dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai REZEKI untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 22 ).

Selain ke 7 macam diatas, tentunya masih banyak yang tidak kami tulis disini, seperti adanya pergantian siang dan malam di bumi, adanya sinar matahari yang senantiasa menerangi bumi, dll.

Maka dari itu ini kita akan paham siapa diri kita, kita Makhluk yang membutuhkan pertolongan Allah, Sudah sadarkah kita bahwasanya Allah menciptakan JIN dan MANUSIA tujuannya untuk beribadah kepada Allah semata..??. Renungkanlah..
(Lilik ibadurrohman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar