Kamis, 12 September 2013

Tafsir Surat 110: An-Nashr


Surat An-Nashr:
1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.
2. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong.
3. Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya.


Sesungguhnya Dia adalah Maha Menerima taubat. [an-Nasr/110 : 1-3] 
Surat an-Nashr, dikenal juga dengan sebutan surat at-Taudi’ (perpisahan) [Jami’ul-Bayan (20/211)]. Surat yang berjumlah tiga ayat ini disepakati oleh para ulama sebagai madaniyyah. Maksudnya, turun setelah peristiwa hijrah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ke Madinah, dan termasuk surat yang terakhir diturunkan. [Tafsir Suratin-Nashr, hlm. 37, Tafsirul Qur`anil ‘Azhim (8/513), Zadul Masir (4/501)]

Dalilnya yaitu:

Dari ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin ‘Utbah, ia berkata : Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu 'anhuma bertanya kepadaku: “Engkau tahu surat terakhir dari al Qur`an yang turun secara keseluruhan?" Ia menjawab: “Ya, idza ja`a nashrullahi wal fath”. Beliau menjawab: “Engkau benar”.[HR Muslim, Kitabut-Tafsir no. 3024]

Secara pasti, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tafsir. Ibnu Rajab rahimahullah menyimpulkan bahwa surat ini turun sebelum Fathu Makkah. Karena firman Allah menunjukkan dengan sangat jelas kalau penaklukan kota Mekkah belum terjadi.  [Tafsir Suratin-Nashr, hlm.41].



PENJELASAN AYAT

Ayat 1: Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan

Syaikh ‘Abdur-Rahman as-Sa’di rahimahullah berkata,"Dalam surat ini terdapat bisyarah dan perintah kepada Rasul-Nya pada saat kemunculannya. Kabar gembira ini berupa pertolongan Allah bagi Rasul-Nya dan peristiwa penaklukan kota Mekkah dan masuknya orang-orang ke agama Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan berbondong-bondong."[Taisirul-Karimir-Rahman, hlm. 1023]


Ayat 2: Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong

Disebutkan dalam Shahihul-Bukhari, dari ‘Amr bin Salimah, ia berkata:

(Dahulu) bangsa Arab menunggu-nunggu al Fathu (penaklukan kota Mekah) untuk memeluk Islam. Mereka berkata: "Biarkanlah dia (Rasulullah) dan kaumnya. Jika beliau menang atas mereka, berarti ia memang seorang nabi yang jujur". Ketika telah terjadi penaklukan kota Mekkah, setiap kaum bersegera memeluk Islam, dan ayahku menyegerakan keislaman kaumnya. [HR al Bukhari di dalam al Maghazi, 4302]

Bangsa Arab berkata: "Bila Muhammad berhasil mengalahkan para penduduk kota suci (Mekkah), padahal dulu mereka dilindungi oleh Allah dari pasukan Gajah, maka tidak ada kekuatan bagi kalian (untuk menahannya). Maka mereka pun memeluk Islam secara berbondong-bondong”. [Al Jami’ li Ahkamil-Qur`an (20/212)]

Ayat ini juga menandakan, bahwa kemenangan akan terus berlangsung bagi agama ini dan akan semakin bertambah saat dilantunkannya tasbih, tahmid dan istighfar dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ini merupakan bentuk syukur. Faktanya yang kemudian dapat kita jumpai pada masa khulafaur-rasyidin dan generasi setelah mereka.

Atat 3: Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Menerima taubat

Imam al Qurthubi rahimahullah menurutkan penafsirannya: "Jika engkau shalat, maka perbanyaklah dengan cara memuji-Nya atas limpahan kemenangan dan penaklukan kota Mekkah. Mintalah ampunan kepada Allah”. Inilah keterangan yang beliau rajihkan.[Al Jami’ li Ahkamil-Qur`an (20/211)]

ISYARAT LAIN DARI MAKNA KEMENANGAN
Selain makna yang sudah dikemukakan di atas, juga terdapat pengertian lain yang terkandung dalam surat yang mulia ini.

Syaikh Abu Bakr al Jazairi: “Ayat ini membawa tanda dekatnya ajal bagi Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam." [Aisarut-Tafasir, hlm. (2/1500)]

Imam al Bukhari rahimahullah dan lainnya meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu 'anhuma, ia bercerita: Dahulu Umar memasukkan diriku bersama orang-orang tua yang ikut serta dalam perang Badar. Sepertinya sebagian mereka kurang menyukai kehadiranku. Ada yang berkata: "Kenapa (anak) ini masuk bersama kita. Padahal kita juga punya anak-anak seperti dia?"

‘Umar menjawab,"Sungguh, kalian mengetahui (siapa dia)," maka suatu hari ‘Umar Radhiyallahu 'anhu memanggilku dan memasukkanku bersama mereka. Tidaklah aku berpikir alasan beliau mengundangku, selain ingin memperlihatkan kapasitasku kepada mereka.

Beliau berkata (kepada orang-orang): “Apakah pendapat kalian tentang firman Allah:"idza ja`a nashrullahi wal fath”.

Mereka menjawab,"Allah memerintahkan kami untuk memuji dan memohon ampunan kepada-Nya manakala pertolongan Allah telah tiba dan sudah menaklukkan (daerah-daerah) bagi kita.” Sebagian orang terdiam (tidak menjawab). Kemudian ‘Umar Radhiyallahu 'anhu beralih kepadaku: “Apakah demikian pendapatmu, wahai Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu 'anhuma?”


Aku (Ibnu ‘Abbas) menjawab,"Tidak!” Umar bertanya,"Apa pendapatmu?”
Aku menjawab,"Itu adalah (kabar tentang) ajal Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Allah Subhanahu wa Ta'ala memberitahukannya kepada beliau. 


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman ""idza ja`a nashrullahi wal fath”. Dalam keadaan seperti itu terdapat tanda ajalmu, maka bertasbihlah dan mintalah ampunan kepada-Nya, sesungguhnya Dia Maha Menerima taubat.”

‘Umar Radhiyallahu 'anhu berkomentar: “Tidaklah yang kuketahui darinya (surat itu), kecuali apa yang engkau sampaikan”. [ HR al Bukhari no. 4430, 4970] 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar