Rabu, 02 Oktober 2013

Tanda Dekatnya Hari Kiyamat Berlomba-Lomba Meninggikan Bangunan.


BERLOMBA-LOMBA MENINGGIKAN BANGUNAN

Ini adalah salah satu tanda Kiamat yang muncul dekat dengan masa kenabian. Setelah itu menyebar sehingga manusia berbangga-bangga membuat bangunan tinggi & menghiasi rumah. Hal itu disebabkan karena dunia dibentangkan kepada kaum muslimin & melimpahnya harta digenggaman mereka setelah banyaknya penaklukan. 


Demikianlah keadaannya dlm waktu yang lama hingga banyak dari mereka yang tunduk pada dunia, & penyakit umat sebelum mereka menjalari mereka, yaitu berlomba-lomba mengumpulkan harta & menggunakannya pada tempat yang tak layak menurut pandangan agama, 

hingga orang-orang badui & nan semisalnya dari kalangan orang-orang fakir dilapangkan utk memperoleh dunia seperti yang lainnya. Mereka mulai mendirikan bangunan bertingkat & berlomba-lomba di dalamnya.
Semua hal ini telah terjadi, sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Dijelaskan dlm ash-Shahiihain dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada Jibril Alaihissallam ketika ia bertanya tentang waktu terjadinya Kiamat:

وَلَكِنْ سَأُحَدِّثُكَ عَنْ أَشْـرَاطِهَا. . . (فَذَكَرَ مِنْهَا:) وَإِذَا تَطَاوَلَ رِعَاءُ الْبَهْمِ فِي الْبُنْيَانِ فَذَاكَ مِنْ أَشْرَاطِهَا.

“Akan tetapi aku akan menyebutkan kepadamu tanda-tandanya… (lalu beliau menyebutkan, di antaranya:) jika para pengembala kambing [maksudnya orang-orang miskin]  berlomba-lomba meninggikan bangunan, maka itulah di antara tanda-tandanya. ”(Shahih, Bukhari & Muslim)

Sementara dlm riwayat Muslim diungkapkan:

وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ.

“Dan engkau menyaksikan orang nan tak memakai sandal, telanjang lagi miskin nan mengembala domba, berlomba-lomba membuat bangunan nan tinggi. ” (Shahih, HR Muslim)

Dan dijelaskan dlm riwayat Imam Ahmad dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma, beliau berkata:

يَا رَسُـولَ اللهِ، وَمَنْ أَصْحَابُ الشَّاءِ وَالْحُفَاةُ الْجِيَـاعُ الْعَالَةُ قَالَ: اَلْعَرَبُ.

“Wahai Rasulullah, & siapakah para pengembala, orang yang tak memakai sandal, dalam keadaan lapar & nan miskin itu?” Beliau menjawab, “Orang Arab. ” (Hasan lighairihi, HR Ahmad (Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah. ” (III/ 332, no. 1345). ))

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ. . . حَتَّى يَتَطَاوَلَ النَّاسُ فِي الْبُنْيَانِ
.
“Tidak akan datang hari Kiamat… hingga Manusia berlomba-lomba meninggikan bangunan. ” (Shahih, HR Bukhari)

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Makna berlomba-lomba meninggikan bangunan adalah setiap orang yang membangun rumah ingin jika rumahnya itu lebih tinggi lagi daripada yang lainnya. Mungkin pula maknanya adalah berbangga-bangga dgn memperhias & memperindahnya, atau makna yang lebih umum dari itu. Hal itu telah banyak ditemukan bahkan bertambah banyak. “(Fat-hul Baari (XIII/88))

Hal ini telah nampak dgn jelas di masa sekarang ini. Orang-orang banyak berlomba mendirikan bangunan, merasa bangga dgn ketinggian, luas, & keindahannya, bahkan masalah ini sampai pada pembangunan gedung pencakar langit yang terkenal di Amerika & negeri-negeri lainnya. 

[Disalin dari kitab Asyraathus Saa'ah, Penulis Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil, Daar Ibnil Jauzi, Cetakan Kelima 1415H-1995M, Edisi Indonesia Hari Kiamat Sudah Dekat, Penerjemah Beni Sarbeni, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar